Minggu, 05 November 2017

teks diskusi

teks diskusi


GAME ONLINE

                ISU
                Game online akhir – akhir ini mulai diminati oleh para remaja, terutama para remaja laki – laki.  Dengan bermain game kita dapat merasakan manfaatnya, salah satunya sebagai hiburan.  Sebagian orang menganggap bahwa game online memiliki banyak dampak negatif, tetapi bagi gamers, game online berdampak positif.

            ARGUMEN MENDUKUNG
            Keberadaan internet dapat memberikan dampak negatif,terutama bagi pelajar – pelajar yang saai ini sering bermain game.  Antara lain :
Dampak pertama, adalah merusak mata.  Hal ini disebabkan karena gamers terlalu sering menatap layar monitor saat bermain game.  Sehingga, matanya sakit dan minus. Seperti yang kita ketahui sekarang ini, banyak sekali anak kecil yang sudah memakai kacamata.
Dampak kedua, adalah bertingkah tidak peduli.  Jika gamers sedang bermain game, ia biasanya hanya akan fokus pada game yang sedang dimainkan.  Bahkan, dia akan menghiraukan segalanya dan tidak peduli terhadap sekitar.
Dampak ketiga, yaitu membuat kita stres.  Apabila gamers sedang bermain game dan mengalami kekalahan, gamers akan merasa stres dan emosi.  Dan bisa jadi mengeluarkan kata – kata kotor.
Dampak keempat, yaitu penurunan minat belajar.  Gamers biasanya akan membuang buang waktu.  Waktu yang seharusnya untuk belajar akan digunakan untuk bermain game.  Biasanya, gamersakan mementingkan game-nya daripada belajar.

            ARGUMEN MENENTANG
            Selain memiliki dampak negatif, menurut pihak pro, game juga memiliki banyak  dampak positif, antara lain :
Pertama, aktivitas fisik.  Ada banyak video game yang dalam pengoperasiannya memerlukan beberapa jenis aktivitas fisik.  Contohnya, pada gamepokemon goGame ini mendorong player keluar rumah untuk mencari pokemon dalam dunia virtual.  Ini membutuhkan aktivitas fisik berupa jalan ­ - jalan sekaligus olahraga.
Kedua, koordinasi mata dan tangan.  Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari – hari.  Sebenarnya ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan, tetapi hal itu kurang menarik.  Saat player bermain game yang cenderung memerlukan konsentrasi tinggi, mereka harus memperhitungkan kemungkinan datangnya musuh dengan cara mengkoordinasi antara display dan mouse yang digerakan( flickshoot ).
Ketiga, keterampilan sosial.  Gamers yang pemalu dan kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mereka mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain video game.  Dengan begitu, anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, termasuk orang yang tidak dikenal.  Saat bermain game bertipe kerja sama, maka biasanya gamersmenggunakan TS (team speak) untuk melakukan komunikasi antar player dalam satu tim.  Hal ini mendukung player untuk belajar berkomunikasi.
Keempat, sportivitas dan adil.  Sportivitas dan adil (fair play) adalah nilai – nilai yang umum dikembangkan dalam berolahraga dan organisasi.  Game secara tidak langsung menawarkan gamers, terutama saat bersaing satu sama lain.Gamersyang bermain game karena benar – benar ingin menguasai game tersebut, mereka tidak akan menggunakan cheat dalam game tersebut.  Walaupun jarang ditemukan gamersyang tidak menggunakan cheat, tetapi sedikit dari mereka tetap ada yang bermain game tanpa mengecheatgame yang mereka mainkan.
Kelima, kerja tim.  Kerjasama dan kebutuhan untuk membangun team work kuat pengaruhnya saat anak bermain video game.  Beberapa game online misalnya, yang membutuhkan sebuah kerja sama tim untuk mencapai kemenangan.
Keenam, mengatasi rasa sakit sementara.  Bermain video game bisa menjadi sarana untuk mengatasirasa sakit fisik atau emosional.  Misalnya, orang yang sedang menderita sakit gigi akan tidak merasakan sakitnya saat bermain game, karena ia akan fokus pada gamenya sehingga ia melupakan rasa sakitnya tersebut.

            KESIMPULAN

            Game tidak hanya memiliki dampak – dampak negatif, tetapi juga memiliki dampak positif.  Gamers diharapkan dapat menggunakan gamedengan sebaik – baiknya agar tidak terkena dampak negatifnya.  Tergantung bagaimana cara pemakaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar